1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    12 Maret 2015 10:30

    Mandi Air Panas Atau Dingin? Ini Keuntungan Keduanya

    Mana yang Anda suka? Mandi air hangat atau air dingin?

    Feed - Mandi merupakan bagian penting dari rutinitas menyehatkan. Air hangat atau air dingin jadi pilihan mengikuti suhu wilayah tertentu. Dalam cuaca panas kita cenderung memilih air dingin untuk membilas segala kotoran yang menempel usai berteman dengan polusi di luar ruangan. Sebaliknya, saat cuaca dingin, air hangat jadi pilihan utama sekaligus merelaksasi tubuh.

    Tapi faktanya, itu bukan sekedar masalah suhu. Air hangat dan air dingin ternyata punya manfaat sendiri saat menyentuh permukaan kulit. Seperti dilansir popsugar.com, berikut adalah manfaat mandi air dingin dan air hangat bagi kesehatan.

    Mandi air panas

    1. Mandi air panas dapat meredakan ketegangan dan menenangkan otot-otot yang kaku. Jika Anda menggunakan shower, biarkan air jatuh dengan bebas. Air panas akan bekerja seperti memijat bagian bahu, leher, dan punggung.

    2. Mandi air panas juga bisa meredakan gejala flu. Hal itu disebabkan karena uap panas melembabkan bagian hidung.

    3. Jika Anda dalam kondisi deman, mandi air panas membantu meredakan demam dan membawa Anda kembali ke suhu normal.

    Mandi air dingin

    1. Mandi air dingin sangat baik untuk tubuh kita. Air dingin dapat membantu meredakan tegang otot dan merubah suhu tubuh, sekaligus mengurangi kelelahan maupun meningkatkan kewaspadaan mental.

    2. Merendam tubuh dalam air dingin bersuhu sekitar 68 derajat selama dua sampai tiga menit bisa jadi cara sebagai penghilang depresi.

    3. Di sisi lain, mandi air dingin juga punya khasiat positif untuk rambut dan kulit. Air dingin bisa membantu kesehatan kulit kering.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES