1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    9 Maret 2015 10:14

    10 Panduan Memilih Durian Nikmat

    Bagaimana cara memilih durian yang baik agar Anda tidak tertipu?

    Feed - Durian, buah berduri dengan harum khas yang membuat pecintanya jatuh hati. Buah yang saat ini tengah booming dijual dengan rentang harga Rp5.000 hingga Rp300 ribu. Bagaimana cara memilih durian yang baik agar Anda tidak tertipu? Simak panduannya berikut via Kompas Travel dan Makanan Sehat

    via 500.co

    1. Pilihlah durian yang bentuknya bulat
    Bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak. Durian yang bentuknya lonjong biasanya hanya memliki daging buah sedikit.

    2. Jangan lihat fisik
    Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecoklatan. Setiap warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas durian. Warna hijau tak selalu belum matang. Begitu pun warna kuning juga belum tentu telah matang. Durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia biasanya yang berwarna hijau telah matang.

    via xttm.mard.gov.vn

    3. Bunyi durian
    Ternyata untuk memilih durian dapat ditentukan dari bunyi durian yang dipukul-pukul. Jika durian berbunyi “mendem” berarti itulah durian yang siap untuk Anda makan. Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

    4. Pilih durian yang tangkainya pendek atau lebar
    Bentuk tangkai bisa menggambarkan tipis atau tebalnya daging buah. Jika ia kecil dan panjang biasanya dagingnya kecil dan sedikit. Tangkai yang besar dan pendek menandakan daging buahnya banyak. Tangkai ini merupakan pembuluh yang menyalurkan karbohidrat dari batang pohon. Bila besar dan pendek maka asupan karbohidratnya pun besar dan cepat, daging buah pun semakin besar.

    via www.seriouseats.com

    5. Pilih durian yang durinya jarang dan pendek pendek
    Ini tanda bahwa daging buahnya kering. Bila durinya banyak dan panjang, berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek.

    6. Pilih buah yang ringan
    Komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji. Durian lebih ringan biasanya lebih banyak dagingnya.

    via angellovesoldier.blogspot.com

    7. Perhatikan musim
    Musim ketika tumbuh juga mempengaruhi kualitas daging. Jika durian yang dihasilkan ketika musim hujan biasanya daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik. Musim yang disarankan untuk melahap kelegitan buah ini adalah ketika musim kemarau.

    8. Aroma durian
    Sambil melihat fisik durian, cobalah untuk mencium aroma wanginya. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus. Dekatkan hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

    via www.vkeong.com

    9. Jangan memilih durian yang sudah terbuka kulitnya
    Perhatikan bagian bawah durian, apakah sudah terbuka atau belum. Bila sudah terbuka atau menganga, berarti durian sudah “masuk angin” dan rasanya hambar.

    10. Pilihlah durian berjuring lima
    Buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Buah-buah durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki enam juring atau lebih.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES